Selasa, 10 Juni 2008

Fakultas Ekonomi vs Fakultas Teknik

Salah satu fakultas favorit yang paling diinginkan oleh remaja sekolah menengah atas adalah fakultas ekonomi atau fakultas teknik. Saya akan menjelaskan secara lugas dan mengesankan mengapa kedua fakultas ini menjadi pesaing satu sama lain yang paling sesuai.

Dari berbagai survei yang dilakukan secara seenaknya dan serampangan (random sampling) di beberapa lembaga pendidikan ternama di Indonesia (bimbel) diambil beberapa manusia (sampel) dan mendapat kesimpulan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi siswa remaja dalam memilih fakultas

  1. Faktor Ekonomi

Faktor ekonomi terdiri atas faktor nilai ekonomi yang diterima dan faktor pengembangan ekonomi yang diterima. Faktor ekonomi yang diterima adalah berapa nilai pendapatan yang akan diterima setelah lulus (gaji atau upah pertama kerja) dibagi dengan proporsi lama berkuliah dan biaya kuliah. Kedua adalah faktor pengembangan ekonomi yaitu berapa besar pertambahan pendapatan setelah bekerja persatuan periode waktu. Dari kedua faktor ini fakultas ekonomi jauh lebih unggul dari fakultas teknik.

  1. Faktor Psikologis

Faktor psikologi merupakan faktor yang mempengaruhi kejiwaan seseorang dalam memilih. Fakultas ekonomi merupakan fakultas yang secara psikologis mempengaruhi pemilih berdasarkan nilai materi hedonisme, nah secara anak ekonomi gaul-gaul 'n banyak yang tajir, sehingga sejatinya akan meningkatkan pamor jika berkuliah di fakultas ekonomi.

  1. Faktor Ketelitian

Mahasiswa fakultas teknik dituntut untuk dapat melakukan sesuatu dengan sangat teliti dan tidak boleh salah. Karena dalam pembangunan atau penciptaan sebuah gedung, mesin, perminyakan, gas, elektronik, dan lain sebagainya, bahan pembuat, daya tampung, bentuk, kegunaan tidak boleh meleset, jika meleset dapat dipastikan akan terjadi collapse. Berbeda dengan mahasiswa fakultas ekonomi mereka hanya dituntut teliti sebesar 95% dan 5% lainnya dianggap eror yang masih bisa ditoleransi, dan bila terjadi kegagalan yang patut dipersalahkan adalah asumsi yang tidak berjalan seperti yang diinginkan.

  1. Faktor Konstanta

Faktor konstanta adalah nilai rata-rata dari variabel terikat jika variabel terikat bernilai nol. dan juga faktor bersifat sangat teknis yang tidak bisa penulis jelaskan lagi atau penulis malas untuk menjelaskan faktor itu secara terperinci

Dari ketiga faktor tersebut fakultas ekonomi lebih unggul dari fakultas teknik. Tetapi penulis menemukan bahwa motivasi untuk masuk fakultas teknik lebih besar dari fakultas ekonomi. Penulis mendapatkan fakta bahwa ternyata keinginan siswa memasuki fakultas teknik berdasarkan ketertarikan jenis kelamin (mayoritas laki-laki) dan mereka cendrung lebih tertarik memperhatikan para pekerja bangunan setelah mereka lulus. Seperti yang penulis dapatkan dari sebuah dokumenter video klip musik berikut ini :

0 komentar:

Posting Komentar